DPD Walantara Karo Mengadakan Reboisasi DAS di Aliran Lahar Dingin Gunung Sinabung.

DPD Walantara Karo Mengadakan Reboisasi DAS di Aliran Lahar Dingin Gunung Sinabung.

BABABE, PKRI-CYBER,¬†KARO. Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab atas kelestarian hutan dan lingkungan,yang sekarang pohon-pohon tengah porak-poranda ditebangi para pelaku ilegal logging,kami dari DPD Walantara Karo terus berupaya mereboisasi/menanam kembali pohon-pohon disepanjang aliran sungai Makam,Desa Kuta Mbaru,Kec.Tiga Nderket,Kab.Karo,Sumut,semboyan kami ” Mereka Menebang Kami Menanam “, ujar Surya selaku Sekjen DPD Walantara Karo kepada media ini.

Penghijauan yang dilakukan DPD Walantara pada Kamis 25 Juni 2020 ini,bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab.Karo beserta Perangkat Desa Kuta Mbaru, kedatangan Tim Walantara disambut langsung oleh Pjs.Kades, Daud Perangin-angin dengan tak lupa dijamu makan siang bersama sebelum penanaman pohon.

Daud juga mengatakan,ucapan terimakasih kepada DPD Walantara atas kepeduliannya yang telah menanam pohon di aliran dingin dampak dari letusan Gunung Sinabung,apalagi pohon yang ditanam sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak,dan harapan kami kepada Mentri Lingkungan Hidup agar program seperti ini bisa berkelanjutan,jangan hanya sampai disini saja,ujarnya.

Pjs Kades menambahkan,dampak dari lahar dingin kayu-kayu dibawa hanyut oleh derasnya arus lahar dingin,untuk itu saya sebagai Pjs Kades berharap ada bantuan alat berat,profosal sudah kami ajukan ke PUD Karo,tapi sampai saat ini belum ada jawaban.

Kami juga berharap,Pemkab.Karo agar bisa membuat jembatan di Lau Makam ini,karena kalau air membesar warga tidak bisa lagi menuju akses ladangnya,sekali lagi kami berharap kepada DPD Walantara untuk bisa menjembatani ke Pemerintah semoga apa yang kami harapkan bisa terealisasi,ujarnya mengakhiri.

Sementara itu Daris Kaban selaku Ketua DPD Walantara mengatakan, kegiatan penghijauan seperti ini akan terus kita lakukan walaupun belum begitu maksimal,mengingat situasi lagi pandemi corona,jadi kita juga hanya membawa beberapa anggota,dan kita mengikuti himbauan pemerintah tidak boleh berkumpul ramai-ramai,tapi program harus tetap berjalan,kita jaga lingkungan,kita lestarikan hutan dan kita juga memantau dan akan menghentikan kegiatan ilegal logging di Kab.Karo ini,tegas Daris.

Lia Hambali

Totop ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER