Sedih, Sekolah Mendapatkan Dana BOS hanya 14juta/Tahun.

PKRI CYBER SULTRA, KONSEL. Dugaan penyelewengan  Dana BOS SDN 2 KEC.ONEMBUTE berdasarkan hasil investigasi di lapangan, saat dikonfirmasi terhadap DOLKAS terkait tatacara penggunaan dana BOS di sekolah SDN 2. kec. onembute kabupaten konawe sulawesi tenggara terkait penggunaan dana BOS yang di nilai tidak tepat sasaran dan tidak sesuai juknis  kepala sekolah mengaku bahwa dirinya cuman menerima pagu BOS sebesar
Rp.14.000.000. tutur kepsek di rumah.

Mengacuh pada aturan menteri pendidikan pagu BOS yang turun setiap sekolah adalah tergantung banyaknya jumlah siswa dan telah di tetapkan manteri keuangan tahun 2019 Rp. 800.000/siswa.

Jika jumlah siswa khususnya di SDN 2 kec. onembute sebanyak 101 siswa maka sekolah harus mendapatkan dana BOS sebanyak
Rp. 800.000 x 101 = Rp.80.800.000  kali untuk satu kali pencairan, dan pencairan dilakukan sebanyak 4 kali pencairan, hal ini menguatkan adanya indikasi penyelewengan anggaran dana BOS ditambah adanya pungutan kepada siswa.

Sedangkan  PNS cuman 3 orang termasuk kepala sekolah GTT 5 0rang yang  di tanggung oleh dana BOS bagaimana bisa berjalan dengan 14 juta saja.

DOLKAS selaku kepala sekolah SDN 2 kec onembute kabupaten konawe selatan hampir semua kegiatan program kerja di sekolah di nilai tidak sesuai juknis seperti Sebagai berikut T/A.2016  rehabilitasi  sekolah di nilai pelaksanaan kegiatan tidak sesuai bestek atau tidak sesuai RAB hanya  penggantian seng kosong tidak di ganti daun pintu  dan tehel tidak di ganti.

Hampir seluruh program Kegiatan kepala sekolah melakukan inisiatif sendiri tanpa melalui musyawarah pihak lain contohnya yaitu pungutan siswa mulai kelas 1.dan 2  dimana kelas 1 sebanyak 15 orang dan kelas 2 sebanyak 14 orang siswa, mereka di bebankan sebesar Rp.70.000/siswa untuk pembayaran buku lapor.

DOLKAS pada saat di konfirmasih di rumah kediamannya sempat mengelak tutur katanya, memang ada pembayaran tapi bukan untuk buku lapor yang di bayar hanya belangko pungkasnya kepala sekolah SDN 2. kecamatan onembute kabupaten konawe selatan sulawesi tenggara.

Red-Samsul.