KEPSEK TARIK BIAYA REHAB BANGUNAN SEKOLAH, WALI MURID DI TARIK IURAN RP. 350.000

PKRI-CYBER, JATENG. PATI, Menurut informasi warga salah satu sekolahan dasar di kabupaten menarik iuran kepada wali murid untuk keperluan renovasi sejumlah bangunan di sekolah tersebut .iuran yang di bebankan ke wali murid bervariasi mulai 300 ribu rupiah sampai 350 ribu rupiah.

dari hasil penelusuran tersebut tim awak media menyambangi sekolah yang menarik iuran wali murid. Menurut kepala sekolah SD Kepohbaru kencono 1 Bu Suparti selaku kepala sekolah saat di konfirmasi membenarkan adanya pungutan tersebut .menurutnya
Iuran itu bervariatif mulai dari tigaratusan sampai tiga ratus limapuluh ribu rupiah.

Dana tersebut digunakan untuk rehab perpustakaan,kamar WC,dan pelataran sekolah supaya bisa untuk berolah raga.

“Saya persiapan juga untuk menyambut lomba sekolah sehat mewakili kawedanan jakenan.jadi saya harus berbenah diri. K bantuan DAK atau rehab itu kerusakan minim 65% jadi berinisiatif untuk menarik iuran wali murid.

Apakah penarikan iuran walimurid diperbolehkan?

Dalam melakukan tugas dan fungsinya menyelenggarakan pendidikan pihak sekolah telah di dukung dana bos.sekolah yang di selenggarakan pemerintah pusat atau negri TIDAK DI PERBOLEHKAN MELAKUKAN PUNGUTAN TERHADAP WALI MURID. Sebagai mana di atur dalam UUD No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.dan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No.44 tahun 2020 tentang pungutan dan sumbangan biaya pendidikan pada satuan dasar.

Red-TT.