KAPOLDA SUMUT Irjend Pol Matuari Sormin Sebut Akan Mengkondisikan Para Tahanan dan Warga Sampaikan Bahwa Lokasi RUTAN Tak Cocok Ditengah Pemukiman Warga.

KAPOLDA SUMUT Irjend Pol Matuari Sormin Sebut Akan Mengkondisikan Para Tahanan dan Warga Sampaikan Bahwa Lokasi RUTAN Tak Cocok Ditengah Pemukiman Warga.

  • Post author:
  • Post category:Home

PKRI-CYBER, SUMUT. T KARO, Pasca terjadinya kebakaran Lapas Klas II B Kabanjahe, yang terjadi hari ini Rabu 12 Februari 2920 sekira pukul 11,30 Wib,selang beberapa jam Kapoldasu Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, Msi tiba di lokasi kejadian, guna melihat dan mengetahui langsung apa penyebabnya terjadinya kebakaran.

Riak-riak kerusuhan udah mulai terjadi sejak adanya razia di Lapas Klas II B Kabanjahe ini, sudah dimulai  waktdari beberapa hari lalu, yang sebelumnya ada 4 Napi dan 2 petugas Lapas yang diamankan oleh Satnarkoba Karo karna diindikasi sebagai pengedar narkoba.

Mulai saat itu didalam Lapas bagaikan api didalam sekam, hingga puncaknya terjadi kebakaran yang diduga ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh para Napi, maka dari itu ada 10 orang Napi yang kita amankan karna diduga sebagai pelaku kerusuhan didalam Lapas pada hari ini, terang Kapoldasu.

Kapolda menambahkan, dari 410 tahanan, saat ini telah kita amankan ke Polres Karo, dan ke Polsek Berastagi, nanti akan kita data dan akan kita pindahkan ke Lapas – Lapas terdekat, seperti kedaerah Sidikalang, Humbahas, dan Binje, karna dari hasil pemeriksaan di Lapas Klas II B Kabanjahe ini, hanya 3 ruangan yang masih bisa kita pergunakan, itupun akan akan kita gunakan untuk 142 napi yang sedang masa sidang dan mendekati putusan pengadilan, itulah nanti yang akan tinggal disini, ujarnya lagi.

Untuk itu kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Personil Kodim 0205/TK, personil Yonif 125/Si’Mbisa yang telah ikut membantu Polres dalam penanganan pemadaman api maupun mengevakuasi para tahanan, tambah Kapolda lagi.

Terlihat hadir mendampingi Kapoldasu, Kapolres Karo, AKBP. Benny R. Hutajulu, Sik, Dandim 0205/TK, Letkol. Inf. T. Taufik Rizal Batubara, Ketus DPRD Karo, Iriani Beru Tarigan, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH.

Sedangkan menurut salah seorang warga yang rumahnya berada didekat Lapas, Batu Tarigan berpendapat, kejadian ini udah diprediksi, mengingat Lapas ini sudah over Kapasitas, para napi itu tidak diperlakukan seperti layaknya manusia, mereka itu tidur saja jongkok, tidak muat kalau mau tidur golek, bahkan ada yang tidur dikamar mandi, nah pas kejadian hari ini tadi ada napi bentrok dengan petugas, lalu napi yang lain merasa kasihan melihat kawannya tersebut, secara spontan terjadi kerusuhan hingga terjadi kebakaran yang menghabiskan seluruh Lapas ini, ujarnya kepada media.

Pantauan kami dilapangan, hingga berita ini diturunkan, ratusan warga Kabanjahe masih ramai dilokasi kejadian, untuk menyaksikan langsung keadaan Rutan pasca kebakaran.
Dengan kejadian ini, diharapkan Pemerintah memikirkan supaya Rutan ini dapat dipindahkan kelokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, tadi untung cepat personil TNI/Polri bertindak kalau tidak dapat dipastikan api akan merambat ke rumah warga,ujar para penduduk sekitar mendumel.

Lia Hambali