Bahtera Ginting Kepala Desa Surbakti dilaporkan BPD ke Polres Karo.

PKRI-CYBER, SUMUT. Kepala Desa Surbakti, Kec. Simpang Empat, Kab. Karo, Bahtera Ginting dilaporkan ke Polres Karo oleh Badan Musyawarah Desa ( BPD ) pada Hari Senin 10 Februari 2020 sekitar pukul 15.30 Wib.

Laporan tersebut terkait pemalsuan tanda tangan Surat Perintah Perjalanan Dinas ( SPPD ) dan Laporan Hasil Perjalanan Dinas ( LHPD ) TA 2018,yang dilakukan oleh Bahtera Ginting selaku Kepala Desa untuk memuluskan Pencairan Dana Perjalanan Dinas.
Dari ke – 10 orang anggota BPD yang dipalsukan tanda tangannya, 4 orang diantaranya yakni : Kamera Ginting Jabatan Wakil Ketua Carlos Ginting sebagai Sekretaris dan M Saleh Perangin – angin serta Serba Surbakti sebagai anggota BPD Desa Surbakti, mereka inilah yang melaporkan kejadian ini ke pihak Polres Karo.

Sebelumnya Juru Periksa Tindak Pidana menyarankan agar terlebih dahulu membuat Surat Laporan atau Pengaduan Masyarakat yang ditujukan kepada Kapolres C/q Kasatreskrim Polres Karo, baru Laporan Pengaduan ( LP ) bisa diterima secara resmi.

Laporan dan pengaduan ke-4 BPD tersebut tertuang dalam pasal 263 Ayat ( 1 ) KUHP tentang, barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak atau yang diperuntukkan sebagai bukti daripada suatu hal dengan maksud memakai atau menyuruh orang lain menggunakan surat tersebut seolah – olah benar dan tidak palsu,maka akan dikenakan ancaman Hukuman Pidana.
Pengaduan dan laporan mereka langsung diterima oleh anggota SPK, Bripka bermarga Zebua, tadi saya sudah menelpon oknum juper yang menangani perkara ini,jawabannya ,” terima saja laporan tersebut, kata Zebua kepada pers.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Desa Surbakti, Bahtera Ginting ketika dihubungi awak media melalui telpon selulernya, tidak mau menerima telpon sedangkan suara ponsel diseberang sana nadanya berdering, menandakan telponnya aktif.

Lia Hambali Tanah Karo